Daftar isi
Perlengkapan yang perlu disiapkan:
- RKA/DPA.
- Sudah memiliki Akun PA/KPA dan Akun PPK untuk masing-masing instansi.
- Komputer/Laptop.
- Jaringan Internet.
- Kesabaran.
Jika belum memiliki akun PA/KPA dan akun PPK, hubungi Bagian PBJ atau LPSE
Langkah-Langkah Input RUP Secara Manual:
A. PA/KPA Mengelola Program - Kegiatan - Sub Kegiatan
- PA/KPA Login ke dalam Aplikasi SIRUP: https://sirup.lkpp.go.id
- Klik Menu Kelola Data, Klik Kelola PKS
-
Klik tombol
+Tambah Program kemudian isi formulir program. Contohnya sbb:
- Nama Program: PROGRAM PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN (Manual)
- Tambahkan kata "(Manual)" di akhir nama program
- Kode Program: 4.01.03
- Pagu: 982185164. (Tidak perlu tambahkan titik, titik akan muncul otomatis).
- Jika sudah klik Simpan, lalu OK.
- Input semua program yang ada di RKA Anda.
- Program yang baru saja di Simpan seharusnya sudah muncul. Jika sudah muncul klik icon tiga baris pada kolom Actions untuk menuju halaman Kelola Kegiatan.
-
Klik tombol +Tambah Kegiatan. Kemudian isi formulir kegiatan.
Contoh:
- Nama Kegiatan: Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa (Manual)
- Tambahkan kata "(Manual)" di akhir nama kegiatan
- Kode Kegiatan: 4.01.03.2.03
- Pagu: 649835529. (Tidak perlu tambahkan titik, titik akan muncul otomatis)
- Delegasikan Kepada PPK
- Jika sudah klik Simpan, lalu OK.
- Input semua kegiatan yang berada di dalam program tersebut.
- Kegiatan yang baru saja di Simpan seharusnya sudah muncul. Jika sudah muncul klik icon tiga baris pada kolom Actions untuk menuju halaman Kelola Sub Kegiatan.
-
Klik tombol Tambah Sub Kegiatan. Kemudian isi formulir sub
kegiatan. Contoh:
- Nama Sub-Kegiatan: Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa (Manual)
- Tambahkan kata "(Manual)" di akhir nama Sub-kegiatan
- Kode Kegiatan: 4.01.03.2.03.01
- Pagu: 308986585. (Tidak perlu tambahkan titik, titik akan muncul otomatis)
- Delegasikan Kepada PPK
- Jika sudah klik Simpan, lalu OK.
- Input semua sub kegiatan yang berada di dalam kegiatan tersebut.
- Ulangi langkah ke-3 sampai ke-7 untuk input semua Program, Kegiatan dan Sub-kegiatan
- Jika PA sudah input semua Program, Kegiatan, dan Sub-kegiatan, PA Keluar dari aplikasi SIRUP dengan klik nama PA-nya (berada di pojok kanan atas) kemudian klik Keluar.
- Selanjutnya PPK yang melakukan melengkapi paket yang sudah didelegasikan oleh PA.
B. PPK Melengkapi Paket (Penyedia/Swakelola)
- PPK membuka halaman https://lpse.melawikab.go.id
- Klik Menu Login, Pilih Jenis User NON PENYEDIA
- Masukkan username, password, dan kode keamanan. Kemudian klik Login
- Setelah berhasil login, Klik link Aplikasi e-Procurement Lainnya (berada di bawah menu LOG AKSES)
- Akan muncul halaman Portal Pengadaan Nasional, kemudian scroll kebawah sampai menemukan SiRUP, lalu klik tombol MASUK PRODUCTION, untuk menuju halaman aplikasi SIRUP
-
Jika sudah masuk ke halaman SIRUP. Klik menu RUP, Klik
Penyedia untuk menuju halaman Paket Penyedia
-
Catatan :
- Paket Penyedia artinya cara memperoleh barang/jasa yang disediakan pelaku usaha. Contoh:
- Belanja alat/bahan untuk kegiatan kantor
- Belanja sewa gedung
- Belanja jasa konsultansi
- Belanja makanan dan minuman rapat. dll
- Baca juga tentang Cara Menentukan Metode Pemilihan [click]
- Paket Penyedia artinya cara memperoleh barang/jasa yang disediakan pelaku usaha. Contoh:
- Pilih Program, Kegiatan, Sub-Kegiatan. Lalu Klik tombol Terapkan Filter. Atau klik ini untuk langsung ke langkah 8.
- Setelah klik Terapkan Filter, tombol +Paket Penyedia akan muncul dibawah tombol Terapkan Filter.
-
Klik +Paket Penyedia. Atau
klik ini, kemudian isi formulir tambah paket. Contoh:
- Nama Paket: Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Bahan Cetak (untuk nama paket bisa ditambahkan kata yang lain/ kata tertentu, untuk memudahkan pencarian)
- Pada Lokasi Pekerjaan, pilih Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Melawi, Detil Lokasi isikan Melawi atau lokasi pekerjaan
- Volume Pekerjaan: 1 Paket atau 1 Tahun (bisa juga rim, kotak, dll)
- Uraian Pekerjaan: Belanja Bahan Pakai Habis (mendeskripsikan paket pekerjaan)
- Spesifikasi Pekerjaan: Kertas A4 15 rim, kertas Ncr 1 rim, Kertas F4 5 rim
- Pra DIPA/DPA: ceklis jika paket ini dilaksanakan mendahului DIPA/DPA. Jika tidak, maka tidak perlu diceklis. Pada contoh kasus ini tidak saya ceklis.
- No. Izin Tahun Jamak: masukkan no surat kontrak tahun jamak jika ada, jika tidak ada biarkan. Pada contoh kasus ini tidak saya masukkan no surat.
- Sumber Dana: Masukkan Tahun Anggaran, pilih APBD / APBDP / BLUD
- Kolom MAK: Isikan kode Sub-kegiatan dan Kode Rekening Paket ini, contoh: 4.01.03.2.03.01.5.1.02.01.01.0025
- Komponen/Sub-Kegiatan: Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa (Manual). (Pilih sub-kegiatan paket ini).
- Pagu: 1521460 (Tidak perlu tambahkan titik, titik akan muncul otomatis)
- Jenis Pengadaan: Barang. (karena belanja ATK merupakan belanja barang)
- Produk Dalam Negeri: Ceklis "Ya" jika barang yang akan dibeli merupakan produksi dalam negeri
- Usaha Kecil/Koperasi: Ceklis jika paket ini untuk pengusaha kecil/koperasi
-
Pengadaan Dikecualikan: Ceklis "Tidak" jika paket bukan pengadaan
yang dikecualikan. Ceklis "Ya" jika paket termasuk pengadaan dikecualikan.
Contoh pengadaan dikecualikan berdasarkan tarif yang sudah ditentukan oleh pemerintah:- Belanja Internet
- Bayar BPJS
- Belanja Tagihan Listrik
- Belanja Tagihan Air/PDAM
- Belanja BBM
- Belanja Materai, dll.
- Peraturan terkait pengadaan dikecualikan bisa dilihat pada link berikut: Dasar Hukum Pengadaan Dikecualikan [click]
- Rencana Metode Pemilihan: Pilih e-Purchasing jika paket akan dibelanjakan secara katalog elektronik/toko daring
-
Jadwal:
- Pemanfaatan Barang/Jasa: Akhir: Desember 2023, Awal: Januari 2023
- Pelaksanaan Kontrak: Akhir: Januari 2023, Awal: Januari 2023
- Pemilihan Penyedia: Akhir: Januari 2023, Awal: Januari 2023
- Klik Simpan. Anda bisa lihat/klik gambar screenshoot dibawah ini:
- Ulangi langkah ke-7 sampai ke-9 untuk input semua paket.
- Setelah semua paket di-input. Ceklis semua paket pada kolom FD.
- Setelah semua paket kolom FD ter-ceklis, klik tombol Finalisasi Draf. Kemudian Klik Finalkan. Jika berhasil akan muncul notifikasi Paket berhasil di finalkan.
- Setelah paket penyedia difinalisasi. Selanjutnya melengkapi data paket Swakelola. Klik menu RUP, klik Swakelola untuk menuju halaman Paket Swakelola.
- Langkahnya mirip seperti input Paket Penyedia. Pilih Program, Kegiatan, Sub-Kegiatan. Lalu Klik tombol Terapkan Filter. Atau klik ini untuk langsung ke langkah-14.
-
Klik tombol +Paket Swakelola atau
klik ini, kemudian lengkapi data Paket Swakelola.
- Contoh paket swakelola seperti: Bimtek yang dilaksanakan instansi sendiri, Sosialisasi, Honorarium Tim Kegiatan, Belanja Perjalanan Dinas, dll.
- Paket Swakelola terdapat 4 tipe.
- Tipe 1 = Direncanakan, dilaksanakan, dan diawasi oleh KLPD sendiri. Contoh Tipe 1 : Bimtek Entry RUP yang dilaksanakan oleh Bagian PBJ Melawi. Pada kegiatan ini Bag. PBJ sebagai penanggungjawab anggaran dan narasumber dari instansi sendiri
- Tipe 2 = Direncanakan, dilaksanakan, dan diawasi oleh KLPD lain. Contoh Tipe 2 : Bimtek Entry RUP yang diselenggarakan oleh Bagian PBJ Melawi sebagai penanggungjawab anggaran, tetapi Tim Pelaksana Bimtek berasal dari LKPP.
- Tipe 3 = Direncanakan, dilaksanakan, dan diawasi oleh organisasi masyarakat. Contoh Tipe 3 : Sosialisasi Jantung Sehat yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Melawi sebagai instansi penanggung jawab dan anggaran, sedangkan Narasumber berasal dari Yayasan Jantung Sehat Indonesia.
- Tipe 4 = Direncanakan, dilaksanakan, dan diawasi oleh kelompok masyarakat. Contoh Tipe 4 : Rehab ringan posyandu yang direncanakan oleh Dinas PUPR Melawi sebagai instansi penanggung jawab dan anggaran, sedangkan penyelenggara kegiatan oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) setempat.
- Jika sudah klik Simpan
- Ulangi langkah ke-14 sampai ke-16 untuk input semua paket swakelola.
- Setelah semua paket di-input. Ceklis semua paket pada kolom FD.
- Setelah semua paket kolom FD ter-ceklis, klik tombol Finalisasi Draf. Kemudian Klik Finalkan. Jika berhasil akan muncul notifikasi Paket berhasil di finalkan.
- Setelah semua paket di-finalisasi draf. Selanjutnya PA mengumumkan paketnya.
- PPK Keluar dari SIRUP dan Logout dari LPSE.
C. PA/KPA Mengumumkan Paket
- PA/KPA Login kembali ke dalam Aplikasi SIRUP: https://sirup.lkpp.go.id
- Klik menu RUP, Klik Penyedia
- Akan muncul halaman PAKET PENYEDIA. Kemudian pilih Program, Kegiatan, Sub-Kegiatan. Klik Terapkan Filter
- Ceklis semua paket yang akan diumumkan pada kolom U
- Setelah semua ter-ceklis. Klik tombol Umumkan Paket Penyedia. Klik Umumkan. Jika berhasil akan muncul notifikasi Paket berhasil di Umumkan
- Selanjutnya untuk mengumumkan paket swakelola, Klik menu RUP. Klik Swakelola, untuk menuju halaman PAKET SWAKELOLA.
- Lakukan hal yang sama pada paket Swakelola seperti langkah ke-4 sampai ke-5.
- Selamat! Semua paket telah ter-umumkan.
Comments
Post a Comment