Daftar isi
Perlengkapan yang perlu disiapkan:
- RKA/DPA.
- Sudah memiliki Akun PA/KPA dan Akun PPK untuk masing-masing instansi.
- Komputer/Laptop.
- Jaringan Internet.
- Kesabaran.
Jika belum memiliki akun PA/KPA dan akun PPK, hubungi Bagian PBJ atau LPSE
Langkah-Langkah Input RUP dengan Tarik Data SIPD:
A. PA/KPA Mengelola Program - Kegiatan - Sub Kegiatan
- PA/KPA Login ke dalam Aplikasi SIRUP: https://sirup.lkpp.go.id
-
Klik Menu Kelola Data, Klik Tarik RKAD SIPD
- Pastikan Kode Satker sesuai dengan Kode Satker Anda
- Kode Satker ada di RKA/DPA dengan nama Unit Organisasi
-
Klik Tarik RKA.
- Tunggu sampai Progres Tarik 100% dan Keterangan: Proses data sudah selesai, silahkan buka menu Rencana Kerja Anggaran
- Klik menu RUP, Klik Rencana Kerja Anggaran
- Pilih SKPD Anda, Klik tombol Simpan
-
Pilih Program, pilih Kegiatan, dan pilih
Sub-Kegiatan. Langkah ini untuk melihat RKA saja.
- Jika RKA sudah benar lanjut ke langkah berikutnya
- Jika detail RKA tidak sesuai atau GAGAL tarik data, artinya cara ini tidak berhasil Alternatifnya lakukan INPUT RUP SECARA MANUAL klik link ini untuk menuju halaman input RUP secara manual.
- Klik menu RUP, klik Struktur Anggaran, klik tombol Generate data dari SIPD untuk menampilkan nilai Total Belanja, Belanja Pengadaan, dll.
- Klik menu Kelola Data, Klik Kelola PKS, untuk menampilkan halaman Kelola Program
- Pada halaman Kelola Program, pada tabel kolom Actions, Klik icon tiga garis pada salah satu nama program, untuk menuju ke halaman Kelola Kegiatan
- Setelah muncul halaman Kelola Kegiatan, Klik icon pensil pada salah satu Nama Kegiatan, untuk menuju halaman Formulir Kegiatan
- Pada halaman Formulir Kegiatan, baris Alasan Revisi, pilih Delegasikan Kepada PPK
-
Pada baris Delegasikan Kepada, pilih PPK di OPD Anda.
*Jika di instansi Anda tidak ada PPK, maka PA yang menjadi PPK. - Klik Simpan, jika sudah sesuai
- Ulangi langkah ke-8 sampai langkah ke-13 untuk mendelegasikan PPK ke semua kegiatan pada masing-masing program
- Jika PA sudah mendelegasikan semua kegiatannya kepada PPK, PA Keluar dari aplikasi SIRUP dengan klik nama PA-nya (berada di pojok kanan atas) kemudian klik Keluar
- Selanjutnya PPK yang melakukan melengkapi paket yang sudah didelegasikan oleh PA.
B. PPK Melengkapi Paket (Penyedia/Swakelola)
- PPK membuka halaman https://lpse.melawikab.go.id
- Klik Menu Login, Pilih Jenis User NON PENYEDIA
- Masukkan username, password, dan kode keamanan. Kemudian klik Login
- Setelah berhasil login, Klik link Aplikasi e-Procurement Lainnya (berada di bawah menu)
- Akan muncul halaman Portal Pengadaan Nasional, kemudian scroll kebawah sampai menemukan SiRUP, lalu klik tombol MASUK PRODUCTION, untuk menuju halaman aplikasi SIRUP
- Setelah muncul halaman SIRUP, Klik menu RUP, klik Rencana Kerja Anggaran
- Pilih Program, Kegiatan, dan Sub Kegiatan untuk memunculkan ricnian RKA berupa kode, uraian, pagu, dll.
-
Pada rincian RKA, perhatikan tabelnya.
Terdapat kolom P singkatan dari Paket Penyedia.
S = Paket Swakelola.
Multiyears = paket akan selesai dalam waktu 2 tahun atau lebih.
NP = Non Pengadaan.
- Sebelum melakukan ceklis, pahami 4 kategori dibawah ini:
- P - S - NP - M
- Metode Pemilihan: Pengadaan Barang (B) / Pekerjaan Konstruksi (PK) / Jasa Lainnya (JL)
- Metode Pemilihan: Jasa Konsultansi
- Jika sudah paham, lakukan ceklis pada rincian RKA.
- Ceklis Uraian Yang Berwarna Kuning!
- Setelah semua ter-ceklis, klik tombol Generate Paket, lalu OK
- Jika sudah melakukan Generate Paket. Klik menu RUP, Klik Penyedia untuk menuju halaman Paket Penyedia
- Pilih Program, Kegiatan, Sub-Kegiatan. Lalu Klik tombol Terapkan Filter
- Setelah muncul nama paketnya, Klik icon pensil yang berada di kolom Actions pada salah satu paket
- Akan muncul halaman Ubah Paket. Disini lengkapi data paketnya. Jika sudah klik Simpan
- Ulangi langkah ke-14 sampai ke-15 pada semua paket.
- Setelah semua data paket dilengkapi. Ceklis semua paket pada kolom FD.
- Setelah semua paket kolom FD ter-ceklis, klik tombol Finalisasi Draf. Kemudian Klik Finalkan. Jika berhasil akan muncul notifikasi Paket berhasil di finalkan.
- Setelah paket penyedia difinalisasi. Selanjutnya melengkapi data paket Swakelola. Klik menu RUP, klik Swakelola untuk menuju halaman Paket Swakelola.
- Langkahnya mirip seperti melengkapi data Paket Penyedia. Pilih Program, Kegiatan, Sub-Kegiatan. Lalu Klik tombol Terapkan Filter
- Setelah muncul nama paketnya, Klik icon pensil yang berada di kolom Actions pada salah satu paket
- Akan muncul halaman Ubah Paket. Disini lengkapi data paketnya. Jika sudah klik Simpan
- Ulangi langkah ke-21 sampai ke-22 pada semua paket.
- Setelah semua data paket dilengkapi. Ceklis semua paket pada kolom FD.
- Setelah semua paket kolom FD ter-ceklis, klik tombol Finalisasi Draf. Kemudian Klik Finalkan. Jika berhasil akan muncul notifikasi Paket berhasil di finalkan.
- Setelah semua paket di-finalisasi draf. Selanjutnya PA mengumumkan paketnya.
- PPK Keluar dari SIRUP dan Logout dari LPSE.
C. PA/KPA Mengumumkan Paket
- PA/KPA Login kembali ke dalam Aplikasi SIRUP: https://sirup.lkpp.go.id
- Klik menu RUP, Klik Penyedia
- Akan muncul halaman PAKET PENYEDIA. Kemudian pilih Program, Kegiatan, Sub-Kegiatan. Klik Terapkan Filter
- Ceklis semua paket yang akan diumumkan pada kolom U
- Setelah semua ter-ceklis. Klik tombol Umumkan Paket Penyedia. Klik Umumkan. Jika berhasil akan muncul notifikasi Paket berhasil di Umumkan
- Klik menu RUP. Klik Swakelola, untuk menuju halaman PAKET SWAKELOLA.
- Lakukan hal yang sama pada paket Swakelola seperti langkah ke-4 sampai ke-5.
- Selamat! Semua paket telah ter-umumkan.
Comments
Post a Comment